Adab Pindah Rumah

Setiap orang pasti ingin mempunyai rumah dengan keadaan damai, memberikan ketenangan dan kenyaman serta rasa aman bagi para penghuninya. Agar semua ini bisa terwujud, maka setiap muslim yang akan menempati rumah baru harus melakukan hal-hal di bawah ini : 1.Mengucapkan syukur kepada Allah, dilakukan dengan cara :

  • Memuji Allah atas segala nikmat yang telah dianugerahkan.
  • Mengakui bahwa setiap nikmat datangnya dari Allah SWT, bukan hanya dari hasilnya sendiri.
  • Memanfaatkan nikmat tersebut untuk kegiatan yang menjurus kekebaikan bukanlah untuk sesuatu yang dilarang oleh Allah.
  • Mengadakan walimah al-wakirah atau syukuran rumah baru. Hal ini dilakukan sebagai wujud penyempurna rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan. Biasanya dengan cara mengundang warga sekitar untuk memberikan do’a dan setelah itu dilakukan makan bersama-sama atau makanannya dibawa pulang. Hal ini dianjurkan oleh sebagian ulama, diantaranya adalah Imam Syafi’I yang menyatakan bahwa :

ومنهاالوكيرة،ولاأرخصفيتركها

Artinya : “Diantara bentuk walimah adalah al-wakirah. Aku tidak memberikan kelonggaran untuk meninggalkannya”. (Al-Mausu’ah Al-Fiqihiya Al-Kuwaitiyah 8/27)

  •  Ketika akan memasuki rumah baru, dianjurkan membaca bacaan, yaitu:

مَاشَاءاللَّهُلَاقُوَّةَإِلَّابِاللَّهِ

Artinya : “sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan selain dengan pertolongan Allah”. Hadist Rasulullah yang memerintahkan umatnya agar membaca bacaan diatas ketika akan memasuki rumah baru.

Anas bin Malik ra mengatakan Rasulullah SAW telah bersabda bahwa :

مَاأَنعَمَاللهُعَلَىعَبدٍنِعمَةًفِيأَهلٍوَمَالٍوَوَلَدٍفَقَالَ

Artinya : “Jika Allah memberi kepada seorang hamba nikmat kebaikan terhadap keluarga, harta, atau anak, kemudian dia membaca: “masyaa-allah, laa quwwata illaa billaah” maka dia tidak akan melihat adanya cacat dalam nikmat selain kematian”. (HR. At-Thabrani (Al-Ausath 6/126) yang dishahihkan Ibnul Qoyim (Syifa Al-Alil 1/182))

  • Setelah melakukan tata cara diatas, sebaiknya kita juga harus menjaga rumah agar menmapatinya dengan rasa aman, damai, nyaman, dll. Untuk itu Rasulullah SAWsangat menganjurkan bagi umatnya agar setiap keluar dan dan masuk rumah membaca do’a. Karena dengan berdo’a akan menjauhkan kita dari gangguan makhluk halus. Do’a masuk rumah :

اَللَّهُمَّإِنِّىأَسْأَلُكَخَيْرَاْلمَوْلَجِوَخَيْرَاْلمَخْرَجِ, بِسْمِاللَّهِوَلَجْنَا, وَبِسْمِاللَّهِخَرَجْنَاوَعَلَىاللَّهِرَبَّنَاتَوَكَّلْنَاِ

Artinya :“Ya Allah, Aku memohon kepadaMu sebaik-baiknyapintu masuk dan sebaik-baiknyapintu keluar. Dengan menyebut namaMu kami masuk dan dengan menyebut namaMu kami keluar dan kepadaMu kuserahkan segalanya”.

  • Selalu membaca basmalah ketika hendak menutup pintu, sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini : وَأَغْلِقُواالأَبْوَابَوَاذْكُرُوااسْمَاللَّهِ،فَإِنَّالشَّيْطَانَلاَيَفْتَحُبَابًامُغْلَقًا Artinya : “Tutuplah pintu dan sebutlah asma Allah, karena syaitan tidak akan membuka pintu yang tertutup (yang dibacakan asma Allah). (HR. Bukhari (3304), Muslim (2012), dll)
  • Membaca do’a ketika keluar dari rumah, yaitu : بسْمِاللَّهِتَوَكَّلْتُعَلَىاللَّهِ،لَاحَوْلَوَلَاقُوَّةَإِلَّابِاللَّهِ Artinya : “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah”. Dengan melakukan hal-hal diatas, semoga rumah yang anda tempati selalu menjadi tempat bernaung yang diberkahi oleh Allah dan dihindarkan dari segala marabahaya yang mengancam. Jangan lupa selain membaca do’a-do’a, anda juga harus selalu menjaga kebersihan rumah. Karena jika kotor akan menjadi tempat kesukaan syaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *